Thursday, September 21, 2017

14 jenis kerajinan paling populer di Indonesia beserta keterangan dan contoh gambar



14 jenis kerajinan : macam-macam batik, kerajinan wayang , gerabah , keramik, arca, tas, dompet, stik es, anyaman, topeng , wayang ,origami,  paling populer di Indonesia beserta keterangan dan contoh gambar  


Pada halaman ini disampaikan berbagai jenis kerajinan yang paling populer dan banyak orang  yang menggunakan waktu luang untuk membuatnya, sebagai assesories maupun hiasan di kamar atau ruang tamu.


1. Kerajinan Batik . 

Cara Pembuatannya :

  • Batik Tulis : dengan cara melukis dengan menggunakan canting dan kuas di atas kain dengan bahan lilin yang dipanaskan. Hasil proses membatik tersebut dinamakan batik tulis.
  • Batik Cap : Yaitu Proses pembuatan batik ini dengan menggunakan cap. Cap sebagai alat bantu yang berfungsi sebagai alat cetak, karena Pada cap itu sudah ada gambar batik dari berbagai jenis motif batik, yang kemudian tinggal di kasih tinta warna tertentu , dan di capkan pada kain.

  • Batik Buatan Pabrik, Yaitu pembuatan dengan alat cetak yang lebih modern. Sudah tentu hasilnya lebih cepat, dalam skala pembuatan yang lebih besar.



Jenis corak batik banyak sekali, masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri  , berikut adalah jenis batik yang sering kita dengar diantaranya 
a. Batik Motif Sekar Jagad

b. Batik tulis Khas Yogyakarta.

Kain batik dibuat dengan cara melukis dengan menggunakan canting dan kuas di atas kain dengan bahan lilin yang dipanaskan. Hasil proses membatik tersebut dinamakan batik tulis.
Motif ini adalah salah satu motif yang sangat khas di Indonesia. Batik jenis ini berasal dari Jawa, lebih tepatnya Yogyakarta. Batik Jogja ini mempunyai makna segar jagad adalah keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang melihatnya jadi terpesona.
Ada juga yang menafsirkan bahwa motif yang berbentuk seperti pulau-pulau ini maksudnya adalah sesuai namanya, yaitu sekar jagad. Dalam bahasa Jawa, “kar jagad” memiliki arti peta dunia.

c. Motif Batik Sidomukti Magetan

Ciri khas Motif batik asal kabupaten Magetan ini, adalah  memiliki motif dasar gambar bambu. Sebagaimana batik-batik lainnya, biasanya batik ini dipakai pada acara-acara resmi atau upacara adat. Makna dan filosofi dari motif batik sidomukti ini adalah harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin.





d. Motif Batik Kraton

Awal mulanya motif batik ini khusus untuk kalangan keraton . Rakyat biasa tidak diperkenankan untuk memakai motif ini karena yang boleh memakai hanya Sultan dan keluarganya saja. Namun belakangan, peraturan tersebut dicabut dan rakyat biasa sudah boleh memakai motif ini.
Diantara penyebab eksklusifnya motif ini adalah karena penemu motif awalnya adalah putri-putri keraton Yogya sendiri yang notabene masih anggota keluarga Sultan. Sebenarnya, sangatlah banyak model baju batik yang dimiliki oleh Keraton Yogya, namun yang di gambar ini adalah yang paling populer.

e. Motif Batik Jepara

Untu batik jepara mempunyai ciri , bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu motif lama dan motif baru. Motif batik jepara lama memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan lainnya. Sedangkan  batik baru Jepara adalah batik tulis yang banyak variasinya. Batik Jepara sendiri juga terkenal dengan sebutan Batik kartini. Kamu bisa menemukan berbagai macam motif batik di kota Jepara.


f. Motif Batik Solo.

Berbeda dengan batik lain, Ciri khas batik dari solo yang sering disebut juga sebagai batik sogan adalah warna motifnya yang berwarna kecokelatan. Batik Solo juga masih menerapkan konsep tradisional dengan hanya memakai bahan-bahan alami sebagai pewarnanya. Filosofi motif batik Solo adalah gelombang-gelombang sungai bengawan solo yang membawa ketenangan.


g. Motif Batik Kawung

Motif batik ini merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Dahulu, motif ini hanya boleh dipakai oleh orang-orang kerajaan sebagai kain sarung raja maupun permaisurinya. Motif kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung alias buah aren.

h. Motif Batik Tasik

Batik-batik yang berasal dari Tasikmalaya ini umumnya berbentuk rerumputan, fauna dan hal-hal yang berkaitan dengan alam. Sedangkan pewarnaannya, kebanyakan berwarna biru, merah padam dan coklat.





i. Motif Batik Malang

Batik malang terkenal dengan motif batiknya yang cenderung cerah, seperti memiliki warna dasar biru kemudian di timpa dengan warna putih, kemudian bahan berwarna putih di timpa dengan merah.
Dikenal dengan batik Malangan dengan  pola tanaman atau simbol-simbol kota Malang seperti candi-candi yang ada di dalamnya.





j. Motif Batik Pekalongan

Kebanyakan motif dari pekalongan dipengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan luar yang datang karena faktor perdagangan. Hal ini disebabkan karena letak kota Pekalongan sangat strategis sekali untuk lokasi perdagangan disebabkan mudah dicapai dari segala penjuru. Sebagian motif batik Pekalongan ini didominasi dengan bentuk-bentuk fauna, namun kebanyakan tetap didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan.

k. Motif Batik Cirebon

Motif yang berasal dari kota Cirebon ini memiliki ciri khas tersendiri , Diantara motif yang paling populer bahkan menjadi ciri khas kota Cirebon adalah batik Mega Mendung. Batik mega mendung diisi dengan pola-pola berbentuk awan dengan diberi warna yang gelap seperti biru tua, merah tua, hijau tua dan sebagainya.




2. Kerajinan Perak  

Jenis kerajinan Perak  banyak tersebar di Yogyakarta , terutama KOTAGEDE. Bahan dasar pembuatn kerajinan perak ini adalah dari perak .
Cara Pembuatan : Perak dilebur, dikeringkan, dan dibentuk menjadi perhiasan atau miniatur kendaraan  

Cara Pembuatan : Perak dilebur, dikeringkan, dan dibentuk menjadi perhiasan atau miniatur kendaraan   

3. Kain Songket  

Sudah tentu, nama yang tidak asing di telinga kita nama Kain Songket ini. Kain ini berasal dan banyak tersebar di  Minangkabau, sumatera utara (Medan).
Bahan : Benang sutera, benang mengkilat 
Cara Pembuatan : Menggunakan alat perajut khusus, benang2 dirangkai membentuk kain songket yang indah.


4. Arca / KERAJINAN SENI PAHAT .

Ketika kita mengunjungi situs situs peninggalan kerajaan dulu, seperti di candi-candi, banyak kita temukan jenis Arca dengan berbagai bentuk, terutama banyak tersebar di daerah  Magelang, Yogyakarta, Bali .
Bahan dasar Pembuatan  : Batu adhesit, batu kali
Cara Pembuatan : Batu dengan ukuran besar yang berasal dari sungai, kemudian di tatah menggunakan besi penatah, membentuk arca seperti ganesha atau anoman, dan juga budha.





5. Wayang Kulit dan wayang Golek  

Wayang Kulit merupakan salah satu kebudayaan, dan juga merupakan seni pertunjukan yang banyak di gelar pada acara resmi , ataupun acara hajatan tertentu.
Wayang merupakan budaya asli Nusantara, yang ceritanya berasal dari budaya Hindu India. Wayang dibuat untuk seni pertunjukan sekaligus sebagai hiasan
Daerah : Daerah penghasil kerajinan wayang, di antaranya Bali, Yogyakarta, dan Surakarta.
Bahan : Jenis wayang terdiri atas wayang kulit yang terbuat dari kulit kerbau , Kulit Sapi atau kulit domba  dan wayang golek yang terbuat dari kayu.

Cara Pembuatan : Untuk wayang kulit kulit sapi yang sudah dikeringkan, dibentuk dengan tatah, kemudian dilukis, dan di satukan dengan kayu sebagai penyangga . Sedangkan Wayang Golek berbahan kayu yang dipahat menjadi bentuk wayang . 

6. Kipas kayu cendana bali  

Kipas kayu cendana bali , banyak kita jumpai di pasar ataupun supermarket , ataupun galery cendramata, karena banyak  turis yang memanfaatkan sebagai oleh-oleh atau cendra mata.
Daerah : Bali
Bahan : Kayu Cendana
Cara Pembuatan : Kayu cendana dari bali diukir dan dijahit membentuk kipas 
 
7. Topeng Barong 

Ada lagi cendramata Khas pulau Bali, yang banyak dicari sebagai cendramata, Topeng barong ini juga banyak di temui di Kios –kios tempat wisata atau sangat mudah kita temui di pasar ataupun di toko cendramata.
Daerah : Bali
Bahan : Kayu, cat, tali sebagai rambut
Cara Pembuatan : Kayu jati dipahat kemudian di cat, dan dibentuk seperti barong .



8. Kerajinan topeng KAYU

Topeng merupakan hasil karya seni kerajinan yang bisa digunakan untuk keperluan perlengkapan tari dan hiasan.
Bahan : Kerajinan topeng umumnya dibuat dari bahan kayu.
Daerah : Penghasil kerajinan topeng di Nusantara, antara lain Yogyakarta, Cirebon, Bali, Surakarta, dan Bandung. Setiap daerah memiliki ciri khas topeng yang berbeda.
Cara pembuatannya :  Kayu yang dipahat kemudian di cat, dan dibentuk menjadi topeng.

9. Gerabah dan Keramik 

A. GERABAH

Pada saat ini perkembangan Gerabah sudah sangat banyak motifnya, dengan di tambah dengan pengecatan warna-warni sehingga bentuknyanya lebih indah yang tidak kalah indahnya . Banyak sekali yang membeli sebagai cendramata atau sebagai ornament menambah keindahan di ruang tamu, atau taman-taman.
Daerah : Kasongan Bantul Yogyakarta  
Bahan : Tanah liat
Cara Pembuatan : Tanah liat dibasahin, kemudian dibentuk, dan dibakar dengan suhu lebih dari 2000 derajat celcius 

B. Kerajinan keramik

Keramik merupakan hasil karya seni kerajinan yang berbahan dasar dari tanah. Hasil kerajinan keramik sangat beragam, seperti vas bunga, guci, mangkuk, cangkir, dan lain-lain.
Daerah : Daerah penghasil kerajinan keramik yang terkenal di Nusantara, di antaranya Kasongan (Yogyakarta), Sompok, dan Mayong (Jepara).
Cara pembuatannya : pada dasarnya hampir sama dengan Gerabah , pada perkembangannya cara pembuatan ada yang dilakukan dengan manual ada juga yang menggunakan mesin.

10. Kerajinan Kulit untuk dompet

Dompet yang dibuat dari bahan kulit, mempunyai kualitas yang lebih bagus, dan banyak di cari sebagai assesories yang dapat menambah mewah penampilan . Di sentra-sentra industri kerajianan kulit harganya masih terjangkau juga lebih murah.
Daerah : Tanggulangin, Malang 
Bahan : Kulit sapi, buaya ular
Cara Pembuatan : Kulit mentah disamak, di jahit, dan dipreservasi menggunakan bahan laminating

11. Kerajinan kayu pigura bali dan jepara

Kerajinan jenis ini mempunyai seni yang tinggi karena nilai pahatan yang berbentuk ukiran . Untuk motif ukiran yang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi akan mempunyai harga yang sangat mahal juga.
Pemasarannya banyak permintaan baik dari dalam negri maupun dari luar negri.
Daerah : adalah Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra
Bahan : Kayu 
Cara Pembuatan : Kayu jati dibuat  menjadi furniture dan mebel menggunakan alat pahat


12. Kerajinan ukir logam

Daerah : penghasil kerajinan logam di Nusantara, antara lain Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Bahan : Kerajinan ukir logam terbuat dari perak, tembaga, emas, dan kuningan.
Cara Pembuatan : Proses pembuatan kerajinan logam banyak menggunakan teknik cetak atau cor, tempa, toreh, dan penyepuhan. 


13. Kerajinan anyaman Dari bahan Alami dan Sintetis

Anyaman banyak kita jumpai, baik berupa benda pakai maupun benda hias. Anyaman dibuat dari bahan alami dan bahan sintetis dan Bahan-bahan alami .
Bahan : Bahan-bahan sintetis yang digunakan, antara lain plastik, pita, dan kertas. Bahan-bahan alami yang digunakan, antara lain bambu, rotan, daun mendong, dan janur.

Daerah : penghasil kerajinan anyaman, antara lain Bali, Kudus, Kedu, Tasikmalaya, dan Tangerang.

Cara Pembuatan :

A. Kerajinan Anyaman dari bahan alami 

CONTOH MACAM-MACAM KERAJINAN TANGAN YANG TERBUAT DARI BAHAN ALAM

1. Tembikar 

Tembikar adalah alat keramik yang dibuat oleh pengrajin. Tembikar dibuat dengan membentuk tanah liat menjadi suatu obyek. Alat tembikar yang paling dasar adalah tangan.
Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar untuk kemudian dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia.

Asal mula

Gerabah diperkirakan telah ada sejak masa pra sejarah, tepatnya setelah manusia hidup menetap dan mulai bercocok tanam. Situs-situs arkeologi di indonesia, telah ditemukan banyak tembikar yang berfungsi sebagai perkakas rumah tangga atau keperluan religius seperti upacara dan penguburan. tembikar yang paling sederhana dibentuk dengan hanya menggunkan tangan, yang berciri adonan kasar dan bagian pecahannya dipenuhi oleh jejak-jejak tangan (sidik jari), selain itu bentuknya kadang tidak simetris. selain dibuat dengan teknik tangan, tembikar yang lebih modern dibuat dengan menggunakan tatap-batu dan roda putar.

Contoh Macam-macam kerajinan yang dapat di buat dari tanah liat :
Piring,  Kendi, Tempayan, Anglo, Kuali, Celengan, Pot, Gerabah hiasan

2. Kerajinan Tangan dari Janur

Kerajinan Tangan dari Janur -Janur atau daun kelapa biasanya dijadikan hiasan di daerah Jawa, biasanya saat sedang ada acara sunatan, pernikahan, dll.

Umumnya ada 3 macam bentuk kreasi dari janur, yaitu:

a. Kembar mayang

Biasa dipakai saat acara pernikahan, kembar mayang dibuat 2 buah. Melambangkan bahwa sepasang penganting itu harus sama perasaan, hati, dan kehendaknya. Bagian-bagian kembar mayang adalah tatakan, awak, dan mahkota.
b. Mayang sari

Mayang sari umumnya ditempatkan di samping kanan dan kiri kursi pelaminan. Ciri khasnya adalah tinggi sekitar 180 cm, berjumlah dua, bisa kembar ataupun tidak, dan biasanya di bagian atas diberi hiasan buah atau bunga. Bagian-bagian dari mayang sari adalah mahkota, bagian atas, bagian bawah, dan tatakan.

c. Penjor

Penjor biasa dipasang di depan rumah atau gang masuk menuju tempat resepsi, penjor menandakan bahwa sedang ada acara persepsi di lokasi itu. Cara membuat penjor hampir sama dengan kembar mayang dan mayang sari, hanya saja penjor dibuat pada sebilah bambu.




3. Kerajinan Anyaman Pandan

Kerajinan Annyaman Pandan adalah kerajinan merangkai dan melipat daun. Untuk kerajinan anyaman pandan ini dipakai bahan daunan sejenis pohon palem atau kelapa dan lontar dan jenis daun rumput seperti pandan dan mendong. Meskipun sifat daun tersebut relatif lebih lemah, namun untuk menjadi bahan anyaman yang siap dipakai, terlebih dahulu harus mengalami pengolahan.

4. Ayaman  Bambu

Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuatkeranjang atau perabot. Anyaman seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, namun seratplastik juga dapat digunakan. Bahan yang digunakan bisa bagian apapun dari tanaman, misalnya inti batang tebu atau rotan atau keseluruhan ketebalan tanaman, seperti misalnya dedalu. Bahan lainnya yang terkenal digunakan sebagai anyaman adalah gelagah dan bambu. Biasanya rangkanya dibuat dari bahan yang lebih kaku, setelah itu bahan yang lebih lentur digunakan untuk mengisi rangka. Anyaman bersifat ringan tapi kuat, menjadikannya cocok sebagai perabot yang sering dipindah-pindah. Anyaman sering digunakan untuk perabot di beranda dan teras

5. Ayaman  Rotan

Anyaman rotan adalah sebuah kerajinan tangan berbahan baku rotan yang dianyam, dililitkan, dan disatukan sehingga membentuk seperti apa yang diinginkan. Kegunaan anyaman rotan ini banyak dimanfaatkan dalam keperluan sehari-hari, baik itu sebagai hiasan maupun sebagai benda pakai. Namun, kebanyakan anyaman rotan ini multifungsi yaitu sebagai benda pakai sekaligus hiasan yang memiliki nilai tinggi.

Motif anyaman rotan :

Motif Liris, Motif Tradisi, Motif Gedhek, Motif Kelabang, Motif Andik, Motif Kembar Kecil, Motif Geometris, Motif Dekoratif Geometris, Motif Jruno Besar, Motif Antik, Motif Lampitan

B. Kerajinan Anyaman dari Sintetis / Limbah sintetis

Bahan-bahan sintetis yang digunakan, antara lain plastik, pita, dan kertas.

* Paper Quilling

adalah kerajinan tangan dengan cara menggulung-gulung kertas khusus quilling sehingga membentuk suatu bentuk yang unik



* Kerajinan dari Kain flanel

kerajinan dengan bahan kain flanel dapat menghasilkan banyak bentuk kreasi seperti bentuk boneka, buah, dan akhirnya kreasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat gantungan kunci, boneka jari, tempelan kulkas, hiasan toples, dan lainnya.




* Kerajinan dari sedotan

Kerajinan yang bahan dasarnya menggunakan sedotan minuman, yang kemudian dianyam atau di bentuk menjadi berbagai bentuk.

* Kerajinan dari steak Es

Stik es bekas eskrim, bisa kita manfaatkan untuk membuat barang yang terpakai, seperti tempat pensil meja, lampion, pigura, miniatur kapal pinisi, miniatur rumah, dll.

* Kerajinan Clay

yaitu kerajinan dengan adonan tepung dan lem putih yang dibentuk kemudian dikeraskan

* Kerajinan Kulit Jagung

Ternyata Kulit jagung kering dapat lebih bermanfaat. Dengan pewarnaan dan pembentukan yang kreatif, kulit jagung terlihat begitu indah ketika berubah menjadi bunga kering yang cantik.



*Kerajinan Origami

Kerajinan ini berasal dari budaya Jepang yang berarti seni melipat kertas sehingga membentuk bentuk2 yang unik.

14. KERAJINAN MODERN

Kerajinan ini timbul karena adanya kreatifitas dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membuat Seni.

A.SENI GRAFIS

Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Tiap salinan karya dikenal sebagai 'impression'. Lukisan atau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik.
Bahan yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan.

B. SENI INSTALASI

Seni instalasi (installation = pemasangan) adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu.




Semoga Bermanfaat.




































 

1 comment:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    At least 160 000 women and men are trying a simple and SECRET "water hack" to drop 1-2lbs each and every night in their sleep.

    It's very easy and it works with anybody.

    Just follow these easy step:

    1) Grab a clear glass and fill it half the way

    2) Then follow this amazing hack

    and you'll be 1-2lbs skinnier in the morning!

    ReplyDelete